Keunggulan dari tanaman cabai


Plafon untuk meningkatkan produktivitas cabai kalian perlu mengetahui keunggulan dari tanaman cabai ini. Maka kita akan mdmbahas beberap cara menanam cabai yang unggul :

1. Mengenal karakter cabai unggul.
 Kalian juga harus memahami karakter cabai unggul :

Memiliki produktivitas tinggi.
Kalian juga harus memahami aktivitas tinggi agar cabai memiliki hasil produktivitas fit maupun skala luas agar kalian memiliki potensi hasil yang menunjang oleh kualitas cabai yang baik seperti ukurannya penampilan kulit dan kepedasan.

Umur panen cabai.
Cabai memiliki umur panen lebih awal tetapi juga berkaitan dengan lamanya tanaman di lapangan semakin singkat tanaman berada di lapangan akan semakin baik karena dapat mengurangi intensitas serangan hama dan penyakit umur cabai adalah 90-120 hari setelah semai.

Tahan terhadap serangan hama penyakit.
Cuaca dan iklim yang tidak menentu dapat mempengaruhi cabai yang tak tahan terhadap kondisi selain itu saat musim kemarau panjang serangan hama sangat tinggi sehingga diperlukan varietas yang tahan terhadap serangan hama tetapi saat hujan berlebihan menyebabkan kelembaban tinggi sehingga diperlukan varietas yang tahan terhadap serangan penyakit.

Daya simpan lebih lama.
Umumnya cabai dikonsumsi dalam keadaan segar sehingga harus tersedia dalam keadaan segar bisa disimpan dalam waktu lama penyakit hepatitis dengan suhu dingin 5 - 7 derajat Celcius kelembaban 90 sampai 95% selama 10 - 20 hari agar cabe mempunyai daya simpan lebih tinggi dan tahan pengangkutan sehingga menguntungkan produsen.

Tingkat kepedasan.
Cabai mempunyai rasa pedas karena mengandung zat capsaicin yang memiliki tingkat kepedasan yang diinginkan industri tertentu.

Kualitas cabai sesuai selera konsumen.
Selain itu Konsumen juga melihat produktivitas saus cabe ini sehingga dapat selera konsumen menjadi meningkat.

2. Varietas cabai unggul.
Beberapa varietas cabai unggul :

*Cabai besar merupakan salah satu tipe cabe yang banyak diusahakan di lahan luas maupun pekarangan dan sudah dirilis oleh menteri pertanian.
Cabe besar memiliki beberapa tipe seperti IPB CH3, GADA FI, imperal 10 F1, gada MK F1MK FI, Anies IPB dan seloka IPB.

* Cabai keriting merupakan tipe cabe favorit yang banyak ditanam oleh para petani selain harganya yang tinggi memiliki daya Simpan yang lebih lama. Cabe ini juga sudah di rilis oleh menteri pertanian cocok untuk ditanam di lahan luas dan pekarangan.
Cabe keriting memiliki tipe yaitu PM 999, hibrida lado FI, yuni ITB.

*Cabai rawit makan cabe yang memiliki pangsa pasar tersendiri cocok ditanam dita lahan luas maupun pekarangan dan juga sudah dirilis oleh menteri pertanian.
Cabai ini juga memiliki tipe yaitu Hibrida Pelita, bara danTaruna.
First


EmoticonEmoticon